Inilah Profil Sosok 5 Pimpinan KPK Baru Periode 2015 – 2019

Profil dan sosok pimpinan KPK yang baru terpilih untuk periode 2015-2019 banyak menjadi sorotan masyarakat menyusul terpilihnya mereka dalam seleksi yang dilakukan Komisi III DPR RI. Akankah mereka mampu mengemban amanah dan mewujudkan harapan masyarakat yang begitu tinggi terhadap lembaga pemberantasan korupsi tersebut?

profil pimpinan kpk

Pimpinan KPK Baru 2015-2019 dari kiri ke kanan: Saut Sitomorang, Laode Muhamad Syarif, Alexander Marwata, Basaria Panjaitan, dan Agus Rahardjo. (Sumber foto:kompas.com)

Untuk mengenal lebih dekat para pendekar anti korupsi itu, berikut ini profil sosok 5 Pimpinan KPK yang baru periode 2015-2019.

1. Agus Rahardjo (59 tahun)

Agus Rahardjo dikenal sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Tokoh yang tercatat memiliki pendidikan terakhir di S2 Manajemen dari Arthur D. Little Management Education Institute, AS ini sebelumnya juga pernah Ketua Umum DPP Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia hingga tahun 2010.

2. Inspektur Jenderal (Pol.) Basaria Panjaitan (58 tahun)

Satu-satunya pimpinan KPK perempuan ini adalah perwira tinggi Polri yang mengajar di Sekolah Staf dan Pimpinan Polri di Lembang. Lulusan Magister Hukum Ekonomi UI pernah menjabat sebagai Kepala Biro Logistik Polri, Kasat Narkoba di Polda NTT, Direktur Reserse Kriminal di Polda Kepulauan Riau, penyidik utama Direktorat Tindak Pidana Tertentu di Bareskrim Polri tahun 2008, dan terakhir sebagai Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial Politik. Wakapolri Komjen Budi Gunawan diketahui sangat memberikan dukungan terhadap pencalonan Basaria.

3. Alexander Marwata (48 tahun)

Alexander Marwata adalah lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dan Universitas Indonesia (UI) yang dikenal sebagai hakim ad hoc pada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Alexander juga pernah auditor ahli di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dari tahun 1989 hingga 2011. Namun seperti dikutip dari detik.com, tokoh ini tercatat pernah melakukan 10 kali dissenting opinion dalam perkara korupsi termasuk menyatakan tidak terbukti korupsi terhadap mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.

4. Laode Muhammad Syarif (50 tahun)

Laode Muhammad Syarif adalah doktor hukum lingkungan hidup internasional lulusan Universitas of Sydney. Tokoh ini juga dikenal sebagai salah satu perancang kurikulum dan pelatih utama dari Kode Etik Hakim dan Pelatihan Hukum Lingkungan Hidup di Mahkamah Agung RI. Saat ini profesi Laode adalah sebagai dosen di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makassar dan juga konsultan atau Senior Adviser Partnership for Governance Reform in Indonesia dan beberapa kali memberikan pelatihan pada proyek antikorupsi Indonesia yang dibiayai oleh USAID.

5. Thony Saut Situmorang (56 tahun)

Thony Saut Situmorang adalah seorang akademisi yang mengajar ilmu kompetitif intelijen di Pascasarjana Universitas Indonesia dan saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Doktor Manajemen SDM lulusan dari Universitas Persada Indonesia ini juga memiliki perusahaan pribadi yang bernama PT Indonesia Cipta Investama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *